Dampak Alkohol Terhadap Kulit

TabloidDokter.blogpsot.com - Sangat banyak informasi yang tidak lengkap atau menyesatkan yang beredar di internet, sehingga persepesi masyarakat menjadi salah tentang kandungan alkohol dalam kosmetik kecantikan.

Pada dasarnya alkohol yang dikandung kosmetik sangat berbeda dengan alkohol yang beredar dan dikonsumsi oleh masyarakat. Alkohol yang digunakan untuk kosmetik adalah senyawa dengan nama kimia etanol (berfungsi sebagai pelarut).

Alkohol yang digunakan untuk kosmetik berfungsi melarutkan bahan-bahan pembuat kosmetik, alkohol jenis ini sangat ringan, mudah menguap dan memberikan sensasi segar yang menyenangkan. Salah satu jenis etanol adalah alkohol untuk pembersih luka, etanol dianggap tidak haram.

Benarkah Alkohol Berfungsi Baik Untuk Kulit?

Tentunya, Anda berpikir, harus ada alasan yang baik sehingga begitu banyak perusahaan perawatan kulit menggunakan alkohol (etanol) dalam produk mereka.
Betul? Tentu saja ada beberapa alasan, tetapi alasan yang paling mendasar hanya ada dua. Sebagaimana disebutkan di atas, alkohol (etanol) dapat membuat produk perawatan wajah menjadi lebih nyaman digunakan.

Alasan kedua adalah bahwa kulit Anda memiliki struktur yang sangat kompleks termasuk memiliki zat pelindung kulit (lipid, enzim dan antioksidan), alkohol bermanfaat menjaga zat bermanfaat dalam kosmetik seperti retinol dan vitamin C menembus ke dalam kulit lebih efektif tanpa merusak jaringan lipid, enzim, dll...

Jika Alkohol Menguap, Mampukah Hal Itu Merusak?

Coba pahami logika jika alkohol menguap lebih cepat, tampaknya masuk akal jika kerusakan yang ditimbulkan tidak akan begitu parah. Sayangnya, penelitian membuktikan jika logika itu hanya angan-angan. Alkohol dengan segera merusak kulit dan memulai reaksi berantai dalam waktu lama meskipun alkohol tersebut telah menguap.

Artikel Terkait