Kenali 7 Gejala Penyakit Leukimia

TABLOIDDOKTER.BLOGSPOT.COM- Pernahkah anda mendengar tentang penyakit leukimia? Leukimia adalah penyakit kanker yang menyerang sel darah. Kanker darah disebabkan karena meningkatnya jumlah sel darah putih dalam darah atau sumsum tulang. 

Karena jumlahnya yang meningkat, sel-sel darah putih yang sebetulnya tidak normal tersebut menggantikan sel darah yang normal. Ketidak normalan ini membuatfungsi sel terganggu. 
Berikut ini ada 7 gejala apabila terkena penyakit leukimia:


1. Kelelahan
Jika anda mudah sekali merasa lelah meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat, mungkin hal ini disebabkan oleh leukimia. peningkatan produksi sel darah putih dapat menyebabkan energi cepat habis.


2. Terjadi Penurunan Berat Badan
Penurunan berat badan secara tiba-tiba meskipun tidak ada perubahan dalam pola makan seseorang.

3. Sering Mengalami Pendarahan
Penderita leukimia akan mudah mengalami pendarahan padahal itu hanya luka kecil sekalipun. Bahkan sipenderita leukimia menderita memar misalnya lengannya tergores ujung pintu maka akan membuat waktu yang lama untuk sembuh jika dibandingkan orang yang tidak menderita leukimia.

4. Pembengkakan Internal
Gejala leukimia juga dapat ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening dibawah lengan serta di depan dan belakang leher. Hati dan limpa juga akan membengkak dan menimbulkan rasa nyeri dibawah tulang rusuk.


5. Berkeringat di Malam Hari
Salah satu tanda leukimia adalah selalu berkeringat pada malam hari. Sehingga jika anda berkeringat secara berlebihan atau tidak normal dimalam hari,anda perlu mewaspadai adanya gejala leukimia.


6. Berkurangnya Kontrol Otot
Kesulitan mengendalikan diri ketika berjalan atau mengalami kejang otot dari waktu ke waktu merupakan salah satu gejala leukimia. Penderita leukimia biasanya akan kesulitan mengontrol otot dan menyeimbangkan tubuh.


7. Pernapasan Abnormal
Sesak napas dan batuk dalam kurun waktu yang cukup lama dan tidak kunjung sembuh juga merupakan tanda-tanda leukimia.

Itulah 7 gejala penyakit leukimia, sebelum anda mengalaminya maka anda harus tetap menjaga pola hidup yang sehat agar anda terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

Artikel Terkait