Terapi untuk Penderita Rematik

Penyakit rematik sangat mudah kambuh, jika sipenderita tidak mengetahui hal-hal yang mudah menimbulkan rematik jadi kambuh. Jika musim hujan atau udara dingin merupakan salah satu mudahnya rematik kambuh. Perlu pasient ketahui bahwa suhu dingin sangat berpantangan dengan penyakit rematik. Begitupula dengan ruangan  AC, mudah memunculkan rematik jika tidak di atasi atau melakukan terapi.

Rematik merupakan penyakit sendi yang begitu menyiksa dengan rasa nyeri yang luar biasa dan membuat penderita tidak leluasa bergerak atau sangat sulit bergerak.

Rematik atau juga dikenal dengan Rheumatoid Arthritis (RA) adalah penyakit yang menyerang persendian atau jaringan penunjang di sekitar sendi.

Selain obat, dokter pun menyarankan untuk melakukan terapi bagi penderita rheumatoid arthritis. Terapi berikut dapat dilakukan dirumah dengan sendiri.

1. Olahraga
Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa olahraga dapat memperburuk sendi, tetapi sangat banyak penelitian yang menunjukkan bahwa rematik membantu mengurangi rasa sakit, kelelahan, meningkatkan fleksibilitas gerak dan kekuatan, serta membuat rematik lebih baik secara keseluruhan.

Tiga jenis latihan yang baik untuk rematik adalah latihan gerak, latihan penguatan dan latihan daya tahan (kardio atau aerobik), seperti aerobik air, jalan kaki, berenang, bersepeda dan berkebun.

2. Terapi fisik
Terapi fisik biasanya menggunakan panas, es, stimulasi listrik dan berbagai latihan gerak untuk membantu mengurangi pembengkakan dan inflamasi akibat rematik. Saat ini telah banyak alat terapi sendi di tempat khusus seperti mall dan rumah sehat, namun perlu pasient ketahui untuk tidak sembarang mencoba alat terapi tanpa panduan khusus dari dokter atau ahli terapi. Salah terapi akan berakibat fatal.

3. Terapi tubuh-pikiran
Terapi seperti sangat membantu si penderita rematik menggunakan pikirannya untuk membuat tubuh merasa lebih baik. Terapi tubuh- pikiran dapat berupa meditasi kesadaran, biofeedback, latihan pernapasan dan relaksasi. Beberapa jenis olahraga terapi tubuh-pikiran seperti yoga, qi gong dan tai chi.

4. Minyak ikan
Minyak ikan dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada penderita rematik. Minyak ikan sama efektifnya dengan obat anti-inflamasi (seperti ibuprofen dan naproxen) untuk menghilangkan rasa sakit dan inflamasi.

5. Terapi panas
Salah satu pengobatan rumah sederhana untuk rematik adalah terapi panas. Mandi air panas atau pancuran selama 15 menit dapat membantu Anda bersantai dan menenangkan nyeri sendi dan otot.

6. Akupunktur
Akupunktur dapat memicu tubuh untuk melepaskan hormon 'merasa-baik' yang dikenal sebagai endorfin, sehingga mengurangi rasa sakit pada penderita rematik.

Semoga Anda tetap sehat. Perlu Anda ketahui dan ingatlah selalu, cegalah penyakit sedini mungkin agar tetap sehat, dan jangan lupa untuk berdoa untuk kesehatan.

Artikel Terkait