Jenis-Jenis Tumor

Kenali Tumor dari sekarang. Penyakit ini cukup menakutkan, yang pada akhirnya berhadapan dengan oprasi. Namun alangkah baiknya kenali tumor dari sekarang, kemudia lihat pencegahannya.

Tumor jinakTumor jinak adalah tumor yang sifatnya jinak dan membelah sangat lambat. Tumor jinak dapat berubah menjadi tumor ganas (kanker)  jika ada pemicu misalnya bahan kimia, paparan sinar matahari, radiasi, dll. Contoh tumor jinak adalah FAM (tumor payudara)

Tumor ganas

Tumor ganas atau kanker adalah benjolan yang sifatnya ganas, merusak, pertumbuhan sel sangat cepat dan dapat berpindah tempat (metastasis). Sel kanker bersifat ganas karena sifatnya yang merusak jaringan dan organ disekitarnya sehingga menimbulkan rasa nyeri bagi penderita.

Gejala tumor
Gejala tergantung pada jenis dan lokasi dari tumor. Misalnya, tumor paru-paru dapat menyebabkan batuk, sesak napas, atau nyeri dada, sedangkan tumor usus besar dapat menyebabkan penurunan berat badan, diare dan sembelit. Tumor payudara dapat menyebabkan rasa nyeri dan ngilu pada payudara, dan lain-lain

Pengobatan tumor jinak
Pengobatan tumor jinak adalah cukup dengan dilakukan operasi pengangkatan tumor yang dilanjutkan dengan menerapkan pola hidup yang sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan sisa – sisa sel tumor yang tersisa setelah operasi.

Pengobatan tumor ganas
Pengobatan tumor ganas (kanker) adalah dengan operasi, kemoterapi dan radioterapi. pengobatan tumor ganas juga harus mempertimbangkan kondisi dan stadium tumor, sehingga pertimbangan seorang dokter sangat menentukan pengobatan yang akan dijalani oleh seorang penderita kanker.

Artikel Terkait