10 Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Asam urat merupakan senyawa heterosiklik karbon, nitrogen, oksigen, dan hidrogen. Asam urat terbentuk jika sisa zat dalam tubuh yang kita keluarkan, memecah suatu zat yang disebut purin.

Purin terlarut dalam darah dan mengalir ke ginjal. Purin dibuang keluar dari tubuh dalam bentuk urine. Asam urat tidak berbahaya, tapi akumulasi dalam tubuh dapat menyebabkan hyperuricemia, kondisi di mana asam urat tidak bisa disekresikan (keluar) dari tubuh.

Jika asam urat berada di tubuh, ia akan terakumulasi di sendi (terutama kaki dan jari kaki) dalam bentuk kristal, secara bertahap mengarah ke penyakit.

Untuk menurunkan asam urat dalam tubuh, sebaiknya kita menghindari makanan nabati seperti jamur, kacang-kacangan, asparagus, kacang polong, dan kembang kol. Juga, kafein dan alkohol.

Sebelum memilih obat asam urat, ada baiknya kita memperhatikan beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi asam urat. Berikut daftarnya:

1. Vitamin C
Sertakan makanan dan suplemen kaya Vitamin C dalam menu harian kita, untuk mengurangi asam urat dalam tubuh dan melarutkannya dalam darah dengan mudah.

2. Cherry
Cherry merupakan salah satu pengobatan alami untuk mengurangi dan mengobati asam urat secara alami. Cherry memiliki sifat anti-inflamasi bernama anthocyanin, yang sempurna untuk mengurangi kadar asam urat.

3. Produk susu rendah lemak
Produk susu rendah lemak seperti susu atau yogurt, dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh secara alami.

4. Jeruk nipis
Buah jeruk nipis dapat melarutkan tubuh dari asam urat. Perasan jeruk nipis juga bisa membuang racun tubuh.

5. Biji seledri

Biji seledri merupakan 'obat' rumah yang populer untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Mengonsumsi esktrak biji seledri akan mendapatkan hasil terbaik.

6. Sari cuka apel
Tambahkan tiga sendok teh sari cuka apel dengan segelas air. Minum dua sampai tiga kali sehari, untuk menurunkan kadar asam urat.

7. Kacang pinto
Tidak semua kacang jahat terhadap penderita asam urat. Nyatanya, diet yang kaya asam folat dapat membantu menurunkan asam urat secara alami. Makanan yang kaya asam folat seperti kacang pinto dan biji bunga matahari, harus disertakan dalam diet kita.

8. Air mineral
Salah satu maintenance terbaik di rumah untuk mengurangi asam urat dalam tubuh, adalah minum banyak air mineral. Karena, air bisa mengeluarkan racun dari tubuh yang meliputi asam urat.

9. Buah berries
Buah-buahan segar seperti stroberi dan blueberry juga dapat membantu mengurangi dan meningkatkan pengobatan asam urat.

10. Kentang
Sayuran mentah seperti kentang atau jagung pun efektif untuk mengurangi asam urat dalam tubuh. Kentang dapat dinikmati mentah atau dikukus.

Jika Anda penderita asam urat, jagalah makanan yang hendak anda konsumsi, karena dapat berakibat fatal.

Artikel Terkait