Sayuran Untuk Tekanan Darah Tinggi

Bukan hanya manula yang rentan terhadap tekanan darah tinggi, melainkan orang remaja dan dewasapun terserang tekanan darah tinggi yang sangat berisiko jika tidak menjaga pola makanan dan mengonsumsi makanan yang sesuai. 

 Pemicu utama hipertensi di usia muda adalah gaya hidup yang buruk dan strees. Tekanan darah tinggi bermula ketika aliran darah yang memulai arteri tidak terproses secara konstan. Tidak ada manusia yang bisa menyadari jika aliran darah dalam tubuhnya berlangsung tak wajar. 

Itulah kenapa hipertensi atau tekanan darah tinggi dianggap kondisi yang sangat berbahaya. Meski kondisi ini tak membawa penderitanya langsung pada kematian, tapi gerbang penyakit berat seperti jantung dan kerusakan organ langsung terbuka lebar. 

Jika anda salah satu penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka makanan yang wajib konsumsi sbb: 

Sayuran: kacang-kacangan, brokoli, Bayam, tomat  

Brokoli. Sayuran ini mengandung potasium dan krom, yang terkenal ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Brokoli juga dapat mengontrol kadar gula darah, insulin, dan menyehatkan jantung.  

Bayam. Sayuran berdaun hijau ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bayam adalah sumber vitamin C, zat besi, folat dan magnesium.  

Kacang-kacangan Kedelai, kacang tanah, almond, kacang merah, dan semua jenis kacang-kacangan mengandung magnesium dan potasium. Dua zat ini terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Dari kelima jenis makanan ini Anda bebas memilih mana yang paling disukai. Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diperhatikan; jangan mengonsumsi salah satu makanan dari daftar tersebut secara berlebihan karena bisa berakibat buruk pada organ tertentu. Misalnya, Anda mengonsumsi pisang dalam jumlah yang tidak wajar setiap harinya. Mungkin tekanan darah tinggi bukan ancaman bahaya bagi Anda, tapi ginjal Anda harus siap menerima efek buruk dari tingginya potasium yaitu batu ginjal. 

Tomat. Untuk mengontrol tekanan darah tinggi, rajinlah mengonsumsi tomat secara teratur. Tomat memiliki Lycopene (antioksidan) yang bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara alami.

Baca artikel lain di blog ini lebih lanjut mengenai hipertensi atau tekanan darah tinggi


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment